Jumat, 06 April 2018

Bedah Buku "You Inc."

PSIKOLOGI KOMUNIKASI

BEDAH BUKU “YOU INC.”

Dosen Pengampu:
KS Arsana, S.Psi

Oleh:
AA. Made Dewi Kartika
Eni Kusti Rahayu
Gede Ardike

JURUSAN PENERANGAN AGAMA HINDU
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU
DHARMA NUSANTARA
JAKARTA
2017


                Buku You Inc. karya John McGrath ini terbagi ke dalam empat bagian. Bagian pertama membahas tentang kepercayaan diri, kebiasaan, dan sikap yang perlu dikembangkan sebagai fondasi keberhasilan dalam bisnis. Bagian kedua membahas hal-hal penting mendasar dalam menjalankan bisnis. Pada bagian ketiga, anda akan belajar bagaimana menciptakan budaya bisnis kelas dunia dan memimpin tim anda. Bagian terakhir mencakup penjualan dan pemasaran serta nasihat terbaik tentang cara menjadi seorang penjual yang baik.
Bagian pertama; Anda
1.      Setiap Orang Bisa Sukses
Rintangan terbesar dalam meraih kesuksesan adalah kepercayaan diri sendiri yang negatif. Keyakinan yang positif adalah langkah pertama menuju hasil yang positif. Dengan membaca kisah inspiratif dari orang-orang yang telah mencapai hasil hebat, ini akan memberikan pengetahuan tentang apa yang mungkin dapat  dilakukan dan memberikan energy yang positif bagi anda. Tidak perlu menginginkan kesuksesan orang lain, orang tua anda atau teman-teman anda karena masing-masing kita memiliki kebutuhan dan tingkat kesuksesan yang berbeda-beda. Bila menginginkan hasil yang baik, anda harus menyesuaikan alat pengukur kesuksesan anda hingga ke titik didih dengan menaikkan harapan anda secara signifikan. Berikut ini ada 5 kiat untuk membantu anda memperbaiki hasil anda:
a)    Mempelajari kesuksesan orang lain
b)   Mengurangi kekacauan dan hiruk pikuk dalam hidup anda
c)    Menemukan sesuatu untuk diperbaiki setiap hari
d)   Merangkul perubahan dengan sikap positif
e)    Memantau dan menganalisa aktivitas anda dan hasilnya setiap minggu.


2.      Menetapkan apa yang ingin Anda Capai
Bermimpilah tentang hidup seperti apa yang anda inginkan, terjemahkan mimpi tersebut ke dalam  tujuan, kemudian lakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Dengan menuliskan tujuan-tujuan tersebuat dan berani bermimpi tentang kehidupan  yang anda inginkan kelak-dan bisa menjadi apa nantinya- berarti anda telah membuka sejuta kemungkinan. Kesuksesan akan benar-benar terjadi jika anda yakin bahwa hal itu mungkin terjadi buat anda. Berikut adalah strateginya:
a)        Ketahuilah sejelas-jelasnya apa yang anda inginkan
b)        Ketahuilah bahwa sesuatu mungkin dilakukan
c)        Kelilingi diri anda dengan orang-orang hebat dan para pemimpin besar
d)       Selalu lakukan hal-hal yang anda janjikan untuk dilakukan
e)        Tetapkan standar tinggi bagi diri anda sendiri dan orang lain
f)         Berfokus pada apa yang penting dan apa yang dapat anda kendalikan
g)        Buatlah sistem yang member hasil setiap saat
h)        Ambil tindakan sekarang juga- momentum membawa kita menuju kesuksesan
i)          Tetap lakukan apapun yang diperlukan hingga anda mencapai hasil.

3.      Memahami apa yang dibutuhkan untuk mencapainya
Manfaatkanlah waktu selama beberapa menit untuk  memikirkan bidang kehidupan Anda dimana anda ingin untuk melakukannya dengan lebih baik. Nilailah diri anda dari 0 sampai 10
a)      Pertimbangkan sebuah aspek dalam hidup anda yang ingin anda tingkatkan, bisa berupa karier, hubungan, spiritualitas, keuangan atau hal lain.
b)      Tanyakan pada diri sendiri seperti apakah orang yang belakangan ini menonjol dalam bidang tersebut? Apakah kebiasaan dan kualitas mereka? Daftarkan sejumlah sifat
c)      Nilailah diri anda dari 0 sampai 10 pada setiap sifat
d)     Bila anda berada dibawah 8, tuliskan sebuah rencana mini untuk menaikkan peringkat anda
e)      Bayangkan diri anda mencapai nilai 9 atau 10. Bagaimana kehidupan anda nantinya?
f)       Tetap focus pada hasil anda  ketika anda membuat perubahan.

Untuk menghadapi kegagalan, rintangan dan penolakan anda hanya perlu berpikir positif setiap saat. Kegagalan adalah satu bagian penting dari perjalanan, masa-masa berkembang menjadi seorang yang jauh lebih baik justru diperoleh dari berbagai pengalaman yang biasanya digolongkan sebagai kegagalan atau penolakan.  Kegagalan semestinya dirangkul sebagai kesempatan yang bagus untuk belajar dan berkembang.

4.      Apakah anda bugar untuk berbisnis
Anda tidak dapat menjalankan bisnis dengan sukses tanpa memiliki kesehatan yang baik dan banyak energy positif. Tanpa kesehatan yang baik, Anda tidak akan pernah dapat meraih hasil sepenuhnya.  Untuk itu, pastikan bahwa anda secara kontinu mengisi bahan bakar bagi tubuh anda dengan makanan yang segar, berkualitas tinggi dan rendah lemak. Berolahraga sekurang-kurangnya tiga kali seminggu, selama 30 hingga 60 menit. Triknya adalah dengan melakukan aktivitas yang benar-benar anda nikmati, jangan membuat olahraga sebagai aktivitas yang sulit. Kualitas tidur juga sangat berpengaruh, masing-masing orang membutuhkan jumlah tidur yang berbeda, tetapi enam hingga delapan jam sudah cukup bagi sebagian kita. Tidur sebelum tengah malam jauh lebih berkualitas daripada tidur setelah tengah malam.


Bagian kedua ;  Anda +  Bisnis
            Ada lima kesalahan bisnis terburuk yaitu:
a)      Kekurangjelasan
Kita harus membuat tujuan dan strategi dahulu, harus merancang tindakan konkret yang perlu diambil untuk mencapai tujuan itu. Tindakan itu membentuk dasar strategi Anda.
b)      Memerangi api daripada membangun firebreak
Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah kemampuan dalam menciptakan sistem yang efektif untuk menjalankan bisnis anda.
c)      Tidak mempunyai rencana
Kelangsungan evolusi rencana dan strategi bisnis anda jauh lebih penting , ini adalah salah satu faktor penting dalam bisnis yang sukses.
d)     Tidak mempunyai pertanggungjawaban
Kurangnya pertanggungjawaban adalah salah satu alasan utama yang membuat seseorang dan pengusaha jarang meningkatkan potensi mereka.
e)      Manajemen waktu yang buruk
Anda harus menyusun apa yang menjadi tugas-tugas anda, kemudian pastikan bahwa anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Setiap orang dikaruniai waktu 24 jam sehari dan hal dan hal yang memisahkan antara satu orang dengan orang lain adalah apa yang mereka lakukan di dalam kerangka waktu tersebut.

Mekanisme bisnis kelas dunia
            Waktu adalah komoditas paling berharga, jangan menyia-nyiakannya. Dengan memiliki agenda  untuk setiap pertemuan, anda telah menghemat waktu dengan menjaga setiap orang agar tetap terfokus pada masalah yang ada. Tidak kalah penting adalah membuat daftar apa yang harus dikerjakan di sepanjang hari. Berikut ini adalah 10  manajemen waktu terbaik:
a.)    Berfokus pada apa yang harus anda lakukan hari ini, agar anda tidak bingung bahkan kewalahan
b.)    Mengembangkan ritual pagi maka akan mendapatkan momentum dini.  Mulai momentum positif saat bangun pagi,  kemudian berolahraga dan menjalankan aktivitas dengan nyaman
c.)    Memiliki pekan ideal pada tempatnya seperti membuat strategi, menciptakan energy, menjernihkan energy, manajemen bakat, membangun merek kelas dunia, dan membangun hubungan.
d.)   Membuat daftar apa yang akan anda capai di bulan ini, minggu ini dan hari ini
e.)    Memanfaatkan waktu yang ada untuk melaksanakan tugas
f.)     Tidak membuang waktu saat berkomunikasi dengan menguasai “panggilan telepon satu menit”
g.)    Membuat daftar seluruh gangguan yang anda alami selama menjalani hari yang membuat anda keluar jalur dan menghabiskan waktu anda
h.)    Katakan TIDAK untuk hal yang tidak penting
i.)      Spesifik akan hasil dan pokok persoalan. Kembangkan dialog yang menbantu anda dan orang lain untuk menjadi spesifik tentang keputusan yang perlu dibuat saat itu juga.
j.)      Jangan pernah meninggalkan keputusan tanpa mengambil tindakan.
Rapat yang cepat dan efisien:
1.      Rapat semestinya sesingkat mungkin, antara 15-30 menit
2.      Orang-orang yang hadir adalah mereka yang benar-benar perlu untuk berada di sana
3.      Selalu memiliki agenda
4.      Mendapatkan informasi yang relevan terlebih dahulu
5.      Tepat waktu
6.      Memulai rapat dengan mencoba menggali agenda spesifik yang dimiliki peserta yang hadir
7.      Ingat, tujuan anda adalah menbuat keputusan
8.      Mengakhiri rapat tepat waktu
9.      Meringkas berbagai keputusan yang dibuat.
10 strategi untuk mempercepat bisnis anda:
1.      Lebih banyak bertatap muka dengan para konsumen yang potensial, konsumen yang potensial adalah seorang yang sebenarnya dalam posisi untuk melakukan bisnis, yaitu seorang yang siap membeli.
2.      Mengirimkan informasi lebih awal sebelum pertemuan bisnis diselenggarakan
3.      Memperluas relasi Anda. Keberhasilan bisnis sangat didominasi oleh hubungan
4.      Memanfaatkan teknologi. Teknologi memungkinkan anda untuk meningkatkan volume bisnis yang lebih besar
5.      Sering mencoba. Wayne Gretsky berkata “Anda kehilangan 100 persen tembakan yang tidak anda ambil” maksudnya adalah bahwa anda harus keluar dan mengambil resiko. Sering-seringlah mencoba dan jangan terlalu cermat dan selektif untuk mengambil resiko karena anda tidak pernah tahu kesempatan mana yang akan terbukti sebagai kesempatan terbaik dan kesempatan mana yang tidak berarti apa-apa.
6.      Memiliki tujuan bersama. Pada kenyataannya, tanpa adanya ikatan demi tujuan bersama, bisnis anda akan merosot.  Salah satu carta terbaik untuk menyatukan diri adalah misi perusahaan dan nilai-nilai yang membuat orang.
7.      Siklus umpan balik positif. Apabila seorang telah bekerja keras, pastilah akan mendapat hasil terbaik atas kerjanya itu.
8.      Jangan biarkan kesempurnaan menghalangi yang lebih baik. Cara meningkatkan unsur-unsur bisnis anda adalah mengujinya, meski hasilnya tidak sempurna. Namun demikian, anda dapat mengarahkannya menuju kesempurnaan dengan bagaimana semua itu berjalan di dalam dunia nyata dan menemukan perubahan apa yang perlu dibuat. Membuat perubahan yang kecil sekalipun supaya lebih dekat pada kesempurnaan adalah lebih baik.
9.      Mekanisme keuntungan yang terinspirasi. Tujuan anda semestinya selalu menciptakan bisnis yang menguntungkan, berkelanjutan, bukan hanya sebuah bisnis yang hebat. Bukan hanya bisnis yang berfokus pada konsumen, tetapi bisnis yang menguntungkan yang berfokus pada konsumen.
10.  Pentingnya penciptaan kembali bisnis anda secara kontinu. Anda perlu secara teratur mengkaji ulang diri anda sendiri dan dan bisnis anda.
Bagian ketiga : Anda + Kepemimpinan
Mahatma Gandhi berkata “Kami harus menjadi perubahan yang ingin kami lihat” Bila anda ingin sebuah tim yang bersemangat, penuh gairah, dan penuh energy, anda harus menjadi seperti itu. Budaya diperoleh, bukan diajarkan, bila para pemimpin anda penuh energy dan penuh semangat, energy positif mereka akan ditularkan ke seluruh anggota tim.
Budaya anda adalah cara fundamental untuk membedakan bisnis anda dari para pesaing anda dan meletakan fondasi bagi keuntungan jangka panjang. Pada intinya, budaya adalah energy yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Agar dapat mengembangkan budaya yang hebat, anda harus memastikan adanya persekutuan di kalangan orang-orang kunci- para mitra kerja, manajer, dan pemegang saham.
Mentoring adalah cara yang hebat untuk memperkenalkan budaya bisnis bagi anggota tim yang baru. Cara ini juga memberi para karyawan baru seseorang yang dapat mereka datangi untuk dimintai bimbingan dan nasihat saat mengalami kesulitan atau tidak memahami area pekerjaan atu organisasi tertentu.
Sesungguhnya anda akan menemukan banyak orang baik yang layak anda dapatkan.  Anda tidak dapat mengubah kualitas orang-orang yang sedang mencari pekerjaan, tetapi anda dapat mengubah kemampuan anda untuk memikat dan mempertahankan orang-orang yang tepat. Karakteristik utama yang dicari pada karyawan yang berpotensi adalah sebagai berikut:
1.      Semangat
2.      Tekad yang kuat
3.      Fleksibel
4.      Ambisi
5.      Keseimbangan
6.      Integritas
7.      Kejernihan
8.      Bertanggung jawab
9.      Kepribadian

Memimpin dan mempertahankan tim kelas dunia
Keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis biasanya menurun pada perilaku individu  atau kelompok kecil, karena budaya bisnis muncul dari kebiasaan kepemimpinan. Jadi, bila ingin bisnis anda berkembang, anda harus berkembang, itu adalah pemikiran sederhana. Bila anda terus berkembang sebagai seorang pemimpin, secara otomatis bisnis anda ikut berkembang bersama anda. 90 persen tantangan dan masalah anda berasal dari orang anda, dan 90 persen dari kemenangan, keberhasilan, serta pertumbuhan bisnis anda berasal dari orang-orang anda. Teknologi memampukan anda untuk berbisnis dan pemasaran, tetapi akhir hari, kecakapan orang lah yang akan memiliki dampak terbesar dalam memajukan bisnis anda.
Cara terbaik untuk mempertahankan tim anda adalah dengan memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan dan mengembangkan potensi diri. Anda harus selalu mempertahankan konsistensi untuk membangun perusahaan yang bagus. Hal yang juga sangat penting adalah ketika anda hendak memberikan masukan kepada anggota tim, selslu pujilah didepan orang lain, sementara kritiklah secara tersembunyi. Ketika anda memuji seorang staf di depan rekan-rekannya, ini akan membuatnya merasa hebat sekaligus memberikan dorongan kepada seluruh tim. Ketika anda merasa perlu memberikan kritik yang membangun kepada seseorang dan anda tidak ingin mempermalukannya, lakukan di luar sepengetahuan anggota tim yang lain. berikut adalah bagaimana cara melontarkan kritik dengan efektif :
1.      Mulailah dengan memberikan pernyataan yang positif terhadap segala sesuatu yang telah atau sedang dilakukan dengan baik;
2.      Ajukan pertanyaan seputar masalah tersebut. Berikan kesempatan kepada mereka untuk mengemukakan masalah tersebut dengan cara mereka sendiri – kerap kali mereka mampu menjadi seorang pengkritik diri sendiri yang hebat;
3.      Tawarkan dukungan atau saran anda tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan diri;
4.      Akhiri dengan memberikan masukan positif.


Bagian keempat : Anda + Penjualan
                                    Berjualan adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan dapat dilakukan setiap orang yang memiliki tekad yang kuat. Dan salah satu cara terbaik  untuk mempelajarinya adalah dengan belajar dari orang yang dapat melakukannya dengan baik. Salah satu syarat menjadi sales atau penjual yang baik adalah mampu terus menerus mempertahankan energy dan antusiasme. Agar unggul dalam bidang penjualan, anda harus mengembangkan kebulatan tekad gaya lama, yakni tetap gigih meski berulangkali menghadapi penolakan dari para konsumen yang mungkin belum siap membeli produk anda.
                                    Salah satu faktor utama untuk membangun tekad yang kuat adalah kemampuan anda menangani penolakan. Anda harus menerima hal tersebut sebagai bagian dari sebuah proses dan jangan memasukannya ke dalam hati. Mengalami penolakan dan kegagalan memang tidak menjamin bahwa akan sukses dalam mencapai tujuan. Tetapi. Saya harus memberitahu bahwa anda tidak akan pernah sukses tanpa penolakan, kegagalan, dan kemunduran di sepanjang jalan itu. Sekali anda mampu melihat kegagalan, tantangan, hasil yang tak diinginkan, dan rintangan sebagai bagian yang normal dari sebuah proses, anda dapat mempersiapkan diri anda untuk menghadapi semua itu. Anda harus percaya pada kemampuan dan apa yang anda dapat anda berikan untuk orang lain.
Ingatkan diri anda bahwa memprospek adalah tentang membangkitkan petunjuk yang dapat membuat bisnis anda agar berjalan sesuai jalur. Agar usaha memprospek anda sukses, ikuti empat langkah berikut ini:
1.         Mengetahui bahwa penjualan besok berasal dari pencarian hari ini;
2.         Mengagendakan semua perjanjian anda untuk memprospek;
3.         Membuat daftar prospek anda mudah dibawa ke mana-mana;
4.         Mengetahuai apa yang akan anda katakana dan gembiralah saat mengatakannya.
Enam kesalahan utama dalam penjualan :
1.      Tidak menepati janji,
selalu tepati janji, anda membangun reputasi, relasi, bisnis dan integritas, maka tepatilah janji yang anda buat. Itu merupakan hal yang sangat penting. Jangan membuat komitmen bila anda tidak bisa memenuhinya;
2.      Komunikasi – tidak menjaga hubungan,
 temukanlah rutinitas untuk selalu berhubungan dengan konsumen anda. Selalu menjadi penelpon, bukan pembalas telpon;
3.      Tidak menangani dan menyelesaikan konflik,
konflik itu tidak pernah mengecil, konflik seslalu membesar, jadi tangani konflik saat itu juga;
4.      Tidak menempatkan dan mengelola harapan
5.      Manajemen krisis versus manajemen waktu,
 anda harus menciptakan sistem untuk menangani krisis secara efisien, tetapi focus utama anda semestinya adalah pada aktivitas yang memajukan bisnis;
6.      Mempersalahkan dan minta maaf,
orang –orang selalu ingin mempersalahkan segala hal kecuali diri mereka sendiri atas hal-hal yang tidak diinginkan, ini adalah kesalahan besar. Anda harus menerima tanggung jawab, bahkan untuk hal yang muncul di luar kontrol anda.
Dalam bagian ini menyebutkan bahwa secakap apapun anda, anda tetap perlu berlatih.  Tujuannya adalah agar anda merasa lebih nyaman dalam menghadapi masalah yang diajukan konsumen tanpa perlu merasa cemas. Semakin anda sering berlatih, semakin banyak anda menyerapnya, dan semakin wajar pula masalah itu rasanya atau kedengarannya, ibarat belajar naik sepeda, anda harus jatuh berulang kali sebelum anda bisa menguasainya.
Di bagian akhir buku ini menyebutkan bahwaa ketika anda mulai membuat  perubahan dalam hidup anda, sulit mengatasi kemalasan awalnya. Tetapi sekali anda sudah memulainya,            anda segera akan melihat perbaikan kecil yang membangkitkan inspirasi untuk terus melanjutkannya. Anda mulai belajar tentang bagaimana memaksimalkan hasil dan meminimalkan usaha, bahkan anda semakin menikmati proses tersebut. Kuncinya adalah anda tetap termotivasi.
Terimalah bahwa setiap hari dalam perjalanan anda menuju kejayaan akan ada banyak lubang di jalan dan batu-batu besar yang harus anda kelilingi. Semua itu merupakan bagian dari proses. Bila anda berkomitmen, anda tinggal hanya mencari jalan melingkar di sekitar rintangan itu dan terus bergerak menuju tujuan anda. Setelah beberapa lama, anda bahkan tidak memperhatikan rintangan itu lagi.
Untuk membuka pintu kesuksesan, anda harus terus bergerak menuju pintu itu, bahkan ketika anda takut pintu itu tidak akan terbuka. Anda harus memiliki kejelasan akan apa yang ingin dicapai. Anda harus memiliki kepercayaan dan keyakinan bahwa selama anda terus bergerak menuju arah itu dan tetap  berpegang pada tujuan dan komitmen anda, pintu akan terbuka. Anda hanya harus terus bergerak maju.

Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar