DHARMAGITA
PITRA
YADNYA
Dosen Pengampu:
Dr. Ni Nyoman Sudiani, SE., S.pd.H., M.Fil.H
Disusun
Oleh:
Eni
Kusti Rahayu
Ketut
Deni Wiryanthari
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU
DHARMA NUSANTARA
JAKARTA
2017
PUPUH PITRA YADNYA
1.
PUPUH ADRI
Widyadara
prasama tumurun,mapagin atmane,
Watek
nawa sanga sami, tetabuhane gumuruh,
Suling
rebeb lan celempung,pareret warapsarine,
Gong
gambang angalun-alun, guntang gumaricik karengwan
Curing
munya kaklentingan.
Artinya:
Widyadara serempak
turun, menjemput atma-atma itu,
Juga kaum dewata
nawa sanga, gamelan sangat riuh suaranya,
Tiada ketinggalan
seruling, rebab, celempung, pareret widyadari itu
Gong gambang
suaranya menggema,
Demikian pula suara
guntang sangat merdu kedengaran
Dibarengi oleh
suara gamelan smara pagulingan yang berdentingan.
2.
PUPUH ASTI
Ring
wetan hana telaga, rika hulun adyusa,
Asalah
raja bhusana, anglebur awak tan porat,
Hilanganing
dasamala, sebel kandel ring sarira
Sakwehing
malapetaka, kaleburan ringtan hana.
Artinya:
Di Timur ada
telaga, di sana aku mandi, lalu berganti pakaian,
Membersihkan
badanku yang kotor, segala kekotoran diri,
segala macam mara
bahaya, terlebur secara gaib.
3.
PUPUH AJI KEMBANG
Ring
purwa tunjunge putih,Hyang Iswara dewatanya,
Ring
papusuh prenahira, alinggih ssira kalihan,
Pantes
ta kembange petak, ring tembe lamun dumadi,
Suka
sugih tur rahayu, dana punya stiti bhakti.
Artinya:
Di timur bunga
teratai putih, Dewa Iswara dewatanya,
Pada jantung
stananya, berstanalah beliau bersama saktiNya,
Cocok sekali bunga
itu berwarna putih, secara dini sudah manjelma,
Bahagia dengan
kekayaan dan selamat, dermawan
(Sugimawa,I wayan dkk. 2009. Modul pokok
Dharmagita. Jakarta : Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Departemen
Agama RI )
4.
PRIHARSANA
Tunwan
manmatha dumilah wineh pradipta
Saksat asta
manasija ngawe saharsa
Donya ngambila
ri sirang susatya dewi
Agyangaywa
turida raga harsati twas
Artinya:
Api pembakaran
Sang Hyang Smara berkobaran sinarnya
Sepertinya
dewa smara dibikin gembira
Itulah jalan
untuk menjemput beliau sang dewi yang setia
Bermaksud akan
memelihara cinta asmaranya berdasarkan hasrat hati
5. SIKARINI
Kunang sang wang nisreyasa sira tatan
siddhi ringulah
Ndatan puja tan yoga rinegepira nisbhawa
sada
Luput sangkeng bhawa karma pati urip tan
pangawara
Apan saksat sangkan paranika siracintya
bhawana
Artinya;
Adapun orang yang disebut nisrayasa
adalah orang yang berhasil dalam berbuat
Bukan mantra, bukan juga yoga yang
dikonsentrasikan serta kegaiban selalu
Lepas dari lingkaran hidup dan mati yang
tiada terhalang
Karena itu merupakan asal mula dan
kembalinya beliau yang berwujud gaib. (Sugimawa.2009: 148,150,153,155)
KIDUNG PITRA YADNYA
1. Ikang layon ginosongan, ne
istri tuhu satya,
Den pamahayun matingkah,
eteh-eteh sang paratra,
Toya ening pabresihan, mesi
ganda burat wangi,
Lengise pudak sategal, sumar
ganda mrebuk harum.
Artinya:
Mayat
itu lalu digotong, sang istri sungguh sangat setia,
Dengan
sangat teliti berbuat, menyelenggarakan upacara sang mati,
Air
suci untuk air mandi, berisi wewangian yang semerbak,
Minyak
wangi harumnya bagaikan pudak, menyebarkan bau harum semerbak
2. Atha sedhengira mantuk sang
sura laga ring ayun,
Tucapa aji Wiratan karyasa
nangisi weka,
Pinahajengira lawyan sang
putrenalapiniwo,
Padha litu hajeng anwam lwir kandarpa
pinatelu.
Artinya:
Dikisahkan
tatkala mereka pulang sang ksatrya yang berlaga di medan perang,
Diceritrakan
sang prabu wirwta masih dalam kesedihan menangisi putranya,
Diupacarailah
jenazah putranya dengan saksama dan khidmat,
Semuanya
tampan-tampan masih berusia belia laksana sang smara dibelah tiga.
3. Bala ugu dina melah, mannuju
tanggal sasih
Pan burayut panamaya, asisig
adyus akramas
Sinalinan wastra petak, mamusti
madayang batis
Sampun puput maprayoga, tan asuwe ngemasin
mati
Artinya:
Bala
ugu adalah hari baik, tepat dengan tanggal serta sasih
Sudah
tiba saatnya pan burayut, bersusur, mandi serta keramas
Berganti
dengan kain putih, lalu membujur meratakan kaki
Setelah
selesai beryoga, tak lama ia meninggal
4. Tumpang salu palinggihan,
kalewaran dadi naga
Semu rimrim sanghyang atma,
tumoni raga kurungan
Umunggu ring dammar kurung,
nyuluhin ring marga sangga
Tatas apadang kang marga,
mangungsi suwarga buwana
Artinya:
Tumpang
salu (balai bertingkat) merupakan stana, bagi para leluhur (pitra) menjadi
naga, laksana berwajah sendu sang atma, ketika melihat badan kasarnya, yang
disimbolkan berstatus pada damar kurung, dan gunanya menerangi jalan yang
Sembilan macam itu, maka terang benderanglah jalan itu, menuju ke sorga loka.
5. Bawisyati meh datengeng
suralaya
Grahadi naksatra kabeh pada
karma
Tejomaya purwwa kadatwaning
langit
Pamuktyaning janma sudira
subrata
Artinya:
Sebentar
saja sampailah beliau di sorga
Bintang
dan tata surya berada pada tempatnya masing-masing
Sinarnya
benderang di timur tempat istana langit
Merupakan
hasil bagi orang yang pemberani dan taat dengan tapa.
(Sugimawa.
2009 : 143-144-146-148)
SLOKA PITRA YADNYA
Taittiriya
Up.I.11.
Matrdevo
bhava pitrdevobhava
Acaryadevo
bhava atithidevo bhava.
Artinya:
(Seorang Ibu adalah
Dewa, seorang bapak adalah dewa, seprang guru adalah juga dewa dan para tamupun
adalah dewa)
Rgveda
II.41.14
ivro
vo madhumam ayam sunarhortre
Su
matsarah etam pibata kamyam
Artinya:
Berbahagialah
mereka yang menghormati orang tuanya, berbahagialah mereka yang menguasai ilmu
pengetahuan.
Manu
Smrti 11.227
Yam
matapitaram klecam seheta sambhawe.
Nrnam
na tasya niskrtih
Cakya
kartum warsa catairapi”.
Artinya:
Penderitaan yang
diabaikan oleh Bapak dan Ibu pada waktu lahir anak (bayi) tidak dapat dibayar
walaupun dalam waktu seratus tahun.
Manawa Dharmasastra III.91
Prsthawastuni kurwita
Balim sarwatma bhutaye
Pitrbyo balicesamtu
Sarwam daksinato haret
Artinya
:
Ditingkat atas hendaknya ia menghaturkan
persembahan kurban pada semua makhluk hidup tetapi hendaknya kemudian ia melemparkan sisa persembahan itu
kearah selatan untuk para leluhurnya
Manawa Dharmasastra II.192
Akrodhanah caucaparah
Satatam brahmacarinah,
Nyasta castra mahabhagah
Pitarah purwadewatah
Artinya
:
Roh leluhur adalah dewa- dewa yang
pertama, bebas dari kemarahan, hati-hati terhadap kesuciannya selalu jujur,
tidak suka bertengkar dan kaya akan kebajikan.
(pudja.
2002)
PALAWAKYA
Kunti
Yadnya
Kengetakna grtrani kawitanta,
Tkeng anak putunta sukulaBretya nucara,
me pwakitaPanahura hutanganta ring yayah
bibi,
panebusaning sarirakret ngaranya kasampurna
dening yasa sembanta”.
Artinya:
Ingatlah jasa-jasa leluhurmu
pada anak cucu serta pada seluruh sanak keluarga, patutlah membayar segala
hutangmu pada Ayah Ibu.
Tatwa
Kusuma Dewa
Rahayu pahalaya yan
mangkana, sadadyani kaya olih sadya kaduluran Whidi, haywa enam ngutpati Dewa
astiti ring Sang Hyang Widhi.”
Artinya:
.
“selamat phalanya bila telah demikian seluruh sanak keluarga memperoleh
penghasilan dikarunia Tuhan. Janganlah ragu-ragu ber Yadnya pada Dewa dan
berbakti Pada Tuhan.”
Adiparwa Bab V
Nahan ta hetu mami n pegat
sangkeng pitraloka
Magantung an petung
sawulih,kangken tibeng narakaloka
Tattwanikangpetung sawilih,
hana wangsa mami sasiki, jaratkaru, nagaranya
Ndan moksa wih taya, mahyun
luputeng sarwajanmabandhana
Ta tan pastry, ya sukla
brahmacari
Artinya
:
Beginilah sebabnya mengapa saya
putus hubungan dengan roh, kini tergantung pada sebilah bamboo, hampir-hampir
terjatuh ke dalam neraka. Adanya sebilah bambu ini adalah bahwa saya masih
mempunyai seorang keturunan yang bernama jaratkaru, tetapi ia berkepentingan
mencari moksa melepaskan diri dari ikatan hidup kemanusiaan. Ia tidak mau
kawin, ia menjalannkan sukla brahmacari.
Slokantara
24 (52)
Kalinganya,
yan ing wengi sang hyang candra sira
pinaka damar. Yan ring rahina sang hyang rawi pinaka damar. Yan ring triloka
sang hyang dharma pinaka damar. Kunang yan ing kula, ikang anak suputra punika damar,
ling ning aji
Artinya:
Bulan itu lampu malam hari, surya itu lampu dunia di
siang hari, dharma ailah lampu ketiga dunia ini, dan putera yang baik itu
cahaya keluarga
slokantara 23 (49)
kalinganya,
ikangputra yan lalana, tuhun ika tan piniheran, tan warung mamangguh dosa,
kunang ikang putra yan tinadana, tuhun ika yan sinakitan ing warah-warah,
tanwurung ika mamangguh guna, matangyan ikang putra mwang sisya tadana nika,
maran agong gunanya, haywa wineh lalana ling ning aji.
Artinya:
Banyak
ketidakbaikan dan banyak pula kebaikan-kebaikan memarahi anak. Jadi yang perlu
dilakukan terhadap anak atau murid aialah hukuman dimana perlu dan bukan
kemanjaan.
(Sudharta,.2003.87-89)
KEKAWIN PITRA YADNYA
ARJUNA
WIWAHA
Wirama:
cardhulawikridhita, 19, Atidhrti = samawrtta matra
Ambek sang paramartha
pandita huwus limpad sakeng cunyata
Tan sangkeng wisaya
prayojananira lwir sanggraheng lokika
Siddhaning yaca wirya
donira sukaning rat kininkinira
Sentosa heletan kelir sira
sakeng sanghyang jagat karana
Artinya
:
Batin seorang arif bijaksana yang
sudah tembus ke tingkat tinggi dari keadaan kosong sama sekali, bukanlah
kesenangan duniawi yang beliau dambakan sebagaimana berlaku pada umumnya di
dalam masyarakat luas. Keberhasilan amal kebajikan dan keperkasaan menjadi
tujuan beliau di samping berusaha untuk kebahagiaan dunia. Beliau merasa
tentram dan damai, walau beliau tetap terpisah oleh tabir maya dari Hyang siva.
ARJUNA
WIWAHA
Wirama
: cikarini, 17, Atyasti = samawrttra matra
Huwus manggeh tanbek
surapati lawan dewata kabeh
Ndengo wrtta cri
pandutanaya mamanggih kasupatan
Yaya tendas ning daityapati
juga kawwat hidepira
Tahun tunggal sandeha
taleteh ikang harsa kawekas
Artinya:
Sang
Hyang Indra bersama para dewa sudah merasa yakin dalam hati
Ketika
mendengar laporan bahwa sang Arjuna telah mencapai tingkat tapa yang gemilang
Beliau
berpendapat bahwa penggalan sang Niwatakawaca bagaikan sudah ada di tangannya
Hanya
satu yang beliau masih ragukan yang merupakan noda, yang masih tertinggal dalam
suka duka beliau.
ARJUNA
WIWAHA
Wirama:
kalengengan, padmakecara, 23, wikrti, = samawtttramatra
Ikang wukir apaksa pajaran
abhasma limut adaluwang kukap magong
Petungnya tumakul mareng
lwah anawuk banu pareng atekes macamana
Kayunya apda kayikan pasaji
sarwa phala tinemuning macangkrama
Atangkil adawa mure titir
anganjali sulurika ring hanar dhateng
Artinya:
Ada
sebuah gunung bagaikan pendeta sedang bertapa berdedak embun dan bertopi pohon
the
Rumpun
bamboo merunduk ke sungai seperti mengambil air ke ujungnya juga turut berkumur
Pohon-pohon
kayu sama-sama peramah menyajikan buahnya sebagai hidangan bagi mereka yang
bercengkrama
Akar
tunjungnya yang panjang menjuntai seperti selalu hormat kepada tamu yang bari
datang.
ARJUNA WIWAHA
Wirama :
ragakusuma, 23, wikrti, = samawrttra matra
Rupagundhik
awarnna danda pamatan kadicala teher anghemu guyu
Wruh
tangdohi wulat wruhanghelahela wruh amahi wagaken raras hati
Enak
ta pwa panut nikang hayu tekapnya wekasan ahangan tininghalan
Monghaton
humiras hiras rengat ikang lati ri waja bacangdelomata
Artinya:
Ada yang
berperilaku seperti dayang –dayang, pancaran matanya sangat manis bagaikan
sedih namun tetap mengulum senyum
Pandai mengarahkan
pandangan, pandai menawan hati serta pandai menyembunyukan perasaan rindunya
Selaras olehnya
menyesuaikan kemolekan parasnya sehingga kemudian tampak menawan hati
Akhirnya berusaha
menyerasikan jarak antara bibir dengan didi serta menatapnya
ARJUNA WIWAHA
Wirama: girisa, 16,
sangjnasti, = samawrttra matra
Ya
mariku bapa meweh ng ambek yawat inuluran
Pinaka
hala nikang rat yan regopahreta juga
Sipi
marika kacaktinyang pancedriya linagan
Alah
amare kita ndah sangsaranta katetehan
Artinya;
Ananda, jika
demikian betapa susahnya bila keinginan itu selalu dipenuhi
Masyarakat luas
juga akan menderita jika hanya memenuhi hawa nafsu
Panca indra itu
sangat kuat patut dilawan
Karena selalu
mendesak dan menjadikan sengsara orang klau dikuasai. (sugimawa, 2009:41-51)
DAFTAR PUSTAKA
Pudja, Gede. 2002.
Manawa Dharmacastra. Jakatra. Penerbit:CV.Felita Nursatama Lestari Jakarta
Sudharta,
Tjok.2003. slokantara.Surabaya.
Penerbit: Paramita Surabaya
Sugimawa,I
wayan dkk. 2009. Modul pokok Dharmagita.
Jakarta : Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Departemen Agama RI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar