Senin, 24 Oktober 2016

tersenyumlah


Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Mancapai Kehidupan yang Tenang dan Bahagia

TERSENYUMLAH

            Tersenyum merupakan kegiatan yang sangat sederhana, namun kadang sangat sulit untuk dilakukan. Perlu kita ketahui bahwa senyuman adalah salah satu ciri dari kebahagiaan, kesabaran, ketahanan diri terhadap lingkungan, dan juga kebesaran hati. Tersenyum juga dapat membuat orang lain di sekitar kita menjadi ikut merasa bahagia dan merasa senang. Dengan tersenyum setiap hari kita dapat merubah hidup kita menjadi lebih baik dan lebih merasa tenang, dengan senyuman itu juga mampu membangkitkan semangat diri dan semangat orang lain di sekitar kita.
            Tersenyum adalah hal kecil yang bisa menimbulkan efek yang luar biasa. Senyum bukan hanya sekadar menggerakkan otot-otot wajah, tetapi lebih kepada pergerakan atau perubahan suasana hati. Saat seseorang melihat orang lain tersenyum, ia juga akan terpengaruh suasana hatinya. Ia bisa manjadi merasa senang, ceria, bahkan menjadi gugup atau salah tingkah. Hal tersebut karena setiap orang mempunyai ciri khas dalam setiap senyumannya.
            Kita telah mengetahui apa itu tersenyum dan apa itu senyuman, lalu dari manakah asalnya senyuman itu sendiri? Secara umum, banyak yang mengetahui bahwa senyuman itu berasal dari bibir yang dikembangkan sehingga terbentuk sebuah senyuman itu. Tetapi asal asli senyuman itu adalah dari lubuk hati kecil kita yang kadang sulit untuk kita jelaskan, namun dapat terealisasikan lewat sebuah senyuman itu.
            Kemudian, mengapa kita tersenyum? Apa manfaat dari tersenyum? Senyum merupakan tanda ketulusan hati, dengan tersenyum dapat menghasilkan energi positif            bagi diri sendiri dan bagi orang lain di sekitarnya juga. Tetapi tentu saja senyum yang dapat memberikan energy positif dan rasa nyaman adalah senyuman yang memang benar-benar tulus, lahir dari kebesaran dan keikhlasan hati, bukan dari senyuman yang dibuat- buat. Senyum juga menjadi bukti dari kemurnian persahabatan dan tanda ketulusan cinta. Dengan senyuman ini, bisa mengubah penderitaan menjadi kegembiraan, serta dapat menciptakan suasana nyaman.
            Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari tersenyum, diantaranya adalah dapat merangsang atau mempengaruhi orang lain untuk tersenyum. Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan untuk orang yang ada di sekitarnya.
            Manfaat tersenyum yang selanjutnya adalah tersenyum dapat membuat kita cenderung berpikir positif. Apabila kita tersenyum maka hati kita juga akan terasa lebih tenang dan sanggup menerima segala keadaan yang ada. Jika kita berusaha untuk tetap ikhlas dan tetap tersenyum serta tidak terus menerus menggerutu, maka kita akan senantiasa berpikir positif dalam menghadapi segala kenyataan yang ada. Dengan kita memiliki pikiran positif terhadap segala keadaan yang ada, maka kita akan sanggup untuk menyelesiakan masalah yang kita hadapi. Mereka yang lebih sering tersenyum cenderung mempunyai kemampuan berpikir jernih, serta ide kreatif dalam memecahkan banyak masalah.
            Manfaat senyum bagi kesehatan lainnya adalah memperlancar sirkulasi nutrisi dan oksigen pada jaringan otot tubuh Jadi, mulai sekarang biasakan untuk memulai hari dengan tersenyum. Setidaknya, dengan tersenyum menunjukkan bahwa kita bahagia. Biarkan saja, jika sebagian orang masih memilih untuk menampakkan ekspresi cemberut dan tegang. Mungkin mereka beranggapan supaya terlihat lebih ‘cool’? Faktanya, banyak gangguan kesehatan tubuh dan psikis yang mengancam. Cemberut membuat semua otot saraf ikut tegang, penuaan dini, dan cenderung depresi. Bagaimana pun, senyum baik bagi kesehatan secara menyeluruh.
Ditinjau dari segi kesehatan, senyum sama dengan olah raga yang bermanfaat untuk mengurangi infeksi paru-paru, mengurangi sakit jantung, meningkatkan semangat, serta menghasilkan endorphin yaitu pemati rasa alamiah dan serotonin yang merupakan hormon pengendali rasa sakit, sehingga senyum bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit dan mengurangi rasa nyeri. Dari segi kecantikan, senyum merupakan obat awet muda karena senyum menggerakkan banyak otot wajah, sehingga otot wajah terlatih dan kencang.
Secara spiritual, senyum memberikan manfaat sebagai penyejuk rohani, tanda kemurahan hati dan tentu saja ibadah, karena senyum merupakan sedekah. Yang penting kita bisa menempatkan senyum dalam waktu dan kondisi yang tepat.
Tersenyumlah, dan awali setiap aktivitas kita dengan senyuman dan akhiri setiap usaha dengan tersenyum dan berdoa.
            Manfaat berikutnya adalah senyum bisa mengurangi stress. Masalah stres bisa menyerang siapa saja dan tentunya salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan tersenyum. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tersenyum paling lebar akan mengalami pemulihan stres yang lebih cepat dan juga mengurangi masalah substansial pada jantung mereka.
Selain itu juga, tersenyum dapat membantu menstabilkan tekanan darah.  Ketika kita diserang penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang banyak mengeluarkan tenaga dan energi otak, tersenyum dan tertawa ringan dapat menstabilkan tekanan darah dan irama jantung yang tinggi. Hal ini meningkatkan sensor-sensor perseptif sehingga menyebabkan kita mampu untuk menghadapi pekerjaan secara baik. 
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari tulisan ini adalah bahwa senyuman itu akan menimbulkan efek positif di dalam kehidupan kita. Karena senyuman akan menimbulkan kebahagiaan dan akan membuat semangat menjalani hari yang walaupun sangat berat sekalipun tetapi dengan senyuman akan terasa lebih ringan. Meskipun kita sedang menghadapi masalah seberat apapun dalam hidup ini, dengan sebuah senyuman, keyakinan dan doa, akan bisa mangurangi beban dalam pikiran atau perasaan kita. Semua orang mempunyai masalah, tetapi cara penyelesaiannya yang berbeda, dan  tentunya hasilnya pun berbeda.
Seberat apapun masalah dalam hidup ini, apabila kita hadapi dengan tenang, keyakinan, dan senyuman, secara psikologis beban itu akan tersas berkurang. Dan juga tidak ada salahnya memberikan senyuman kepada orang lain walaupun cuma sekali. Bukankah senyum itu mudah dan sangat menyengangkan? Berikan senyuman kepada orang di sekitar kita. Baik itu keluarga, teman, sahabat, pacar, dan orang yang tidak kalian kenal sekalipun. Berikanlah senyuman anda kepada orang-orang tersebut. Maka hidup anda akan terasa lebih bahagia! Jangan lupa tersenyum!


CHARACTER BUILDING
TERSENYUM UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN KEHIDUPAN TENANG DAN BAHAGIA
Dosen Pengampu:.Drs.A.A. Gde Raka Mas. M.Fil.H
Oleh:
Eni Kusti Rahayu
1509.10.0033
Penerangan Agama Hindu

SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU
DHARMA NUSANTARA
JAKARTA
2016
CHARACTER BUILDING
MENCAPAI KEBAHAGIAAN KEHIDUPAN TENANG DAN BAHAGIA
Dosen Pengampu:.Drs.A.A. Gde Raka Mas. M.Fil.H
Oleh:
Sindhi Larasati
PeneranganAgama Hindu

SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU
DHARMA NUSANTARA
JAKARTA
2016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar